Cacar Monyet (Human Monkey Pox)

zkpjeheojb1dhuljfida

Human Monkeypox (MPX) atau yang sering disebut cacar monyet merupakan penyakit Zoonosis atau penularan penyakit dari hewan ke manusia yang disebabkan oleh virus Monkeypox (MPX), sama seperti orthomyxovirus AI atau paramyxovirus ND.Virus monkeypox mirip dengan cacar pada manusia. Meskipun monkeypox jauh lebih ringan daripada cacar, namun monkeypox bisa berakibat fatal.

Transmisi Penularan
Seseorang dapat terinfeksi virus Monkeypox melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau lesi kulit atau mukosa hewan yang terinfeksi.

Daerah endemis
Virus monkeypox tersebar  di bagian Afrika tengah dan barat, yang merupakan daerah hutan hujan tropis.

Agen Penular
Virus Monkeypox sebagian besar ditularkan ke manusia dari berbagai binatang liar seperti tikus dan primata (kera). Infeksi pada manusia pernah dilaporkan pada penangkar kera yang terinfeksi, tikus hutan dan tupai, dimana hewan pengerat/tikus menjadi penyebab terbesar penularan virus ini.

Gejala
Gejala mulai timbul 14-21 hari sejak pertama kali terinfeksi virus monkeypox dengan gejala demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening), sakit punggung, mialgia (nyeri otot), dan astenia (kekurangan energi). Ruam kulit muncul mulai di wajah dan kemudian menyebar di tempat lain di tubuh.

DIAGNOSA
Karena Monkeypox mirip sekali dengan penyakit ruam lain seperti cacar, cacar air, campak,  infeksi kulit akibat bakteri, kudis, sifilis, dan alergi terkait obat. Monkeypox hanya dapat didiagnosis secara pasti di laboratorium khusus dengann sejumlah test yang berbeda.

PENCEGAHAN
– Menghindari kontak dengan tikus dan primata terinfeksi serta membatasi paparan langsung terhadap darah dan daging yang tidak dimasak dengan baik.
– Membatasi kontak fisik dengan orang yang terinfeksi atau bahan yang terkontaminasi harus dihindari.
– Memakai sarung tangan dan pakaian pelindung lainnya yang sesuai saat menangani hewan yang terinfeksi dan ketika merawat orang yang sakit.
– Petugas kesehatan dianjurkan melakukan vaksinasi.
– Perilaku hidup bersih dan sehat.

NEGARA TERJANGKIT MONKEYPOX
Tahun 2017 kasus monkeypox terjadi di Central African Republic, Democratic Republic of Congo, Liberia, Nigeria, Republic of Congo, and Sierra Leone.

Sumber :
http://www.who.int

D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s