Pompa Pemadam Kebakaran

Pendahuluan

Pemadam kebakaran (fire fighting) yang modern membutuhkan distribusi/penyaluran air dalam jumlah yang banyak dan pada tekanan yang tinggi. Pompa digunakan untuk mendistribusikan/menyalurkan air tersebut. Pengoperasian pompa pemadam memerlukan dasar perhitungan secara matematik. Petugas pemadam perlu mengetahui petunjuk dasar mengenai permasalahan pengoperasian pompa pemadam sebagai salah satu alat penyalur air.

Jenis pompa

Ada tiga jenis pompa yang dipakai melayani pemadam kebakaran, yaitu: 1.Pompa tolak (Piston Pumps)  ;  2. Pompa roda (Rotary Gear Pumps);  3. Pompa Sentrifugal (Centrifugal Pumps)

Di dalam berbagai kebutuhan operasional pemadam pompa Centrifugal lebih populer untuk dipergunakan.

Pompa torak (piston)

  • Pompa torak (piston) dan roda gigi (rotary gear) disebut Positive Deplacement Pump, karena mempunyai debit air yang tetap untuk setiap langkahnya atau putarannya.
  • Pompa torak (Piston Pump) terdiri dari satu atau lebih torak.

Pompa Sentrifugal

  • pompa sentrifugal disebut Non Deplacement Pup, karena pengeluaran pompa sentrifugal tergantung pada faktor : panjang selang, ukuran selang, dan ukuran nozzle.
  • Pompa senrifugal akan mensirkulasikan air apabila pemompaan di dalam selang tertutup, sehingga tidak dengan segera merusak pompa dan memecahkan selang.

Positive Displacement

  • pompa positive displacement akan terus menerus memompa air/sebagian air apabila nozzlenya ditutup.
  • apabila air sudah tidak dapat dimampatkan lagi, pemompaan dengan positive displacement di dalam selang tertutup akan mengakibatkan pecahnya selang atau rusaknya pompa tersebut.
  • Pompa Positive Displacement di dalam perlengkapan pemadam yang sekarang/modern, biasanya digunakan sebagai jalur booster dan sebagai primer/untuk Priming dari pompa sentrifugal.

Operasional Pompa Piston

  • Apabila poros engkol (Crank Soft) berputar, torak (piston) bergerak ke atas dan ke bawah di dalam ruangan silinder.
  • pada gerakan turun/langkah isap katub buang tertutup dan katub masuk terbuka dan air terisap torak masuk ke dalam ruang air
  • sedangkan apabila torak bergerak ke ataas/langkah tekan, katub masuk tertekan keluar melalui katub buang selanjutnya ke selang dan keluar pompa.

Kuantitas Pengaliran Air (Discharge Rate) Pompa Piston

secara teoritis kapasitas aliran ditentukan oleh kecepatan putaran poros engkol sehingga menjadi sebagai berikut:

Q = Ap . S . N

Q= Kapasitas aliran. Cu.inch/min (inch2min)

S = Stroke (inch)

N = Rotasi per menit, RPM

Ap = Luas penampang torak (inch2)

Volume Pemompaan

2   dimana d=diameter piston

Kapasitas Aliran

Biasanya digunakan kapasitas aliran dalam gallon per menit, maka diperoleh konversi:

3

Efisiensi Pompa

Pada pompa torak/piston biasanya terjadi kebocoran balik sehingga airnya masuk kembali ke arah isap pompa. jadi kapasitas aliran yang dihasilkan tidak sama dengan kapasitas teoritisnya. sebagai contoh : kapasitas aliran teoritisnya 20gpm dan kehilangan karena bocor 1 gpm. Kebocoran tersebut dinyatakan dalam % sehingga besarnya menjadi : 1/20 x 100% = 5%,, maka efisiensi dari pompa tersebut = 19/20 x 100% = 95%

Tenaga Penggerak Pompa Torak/Piston

Sebagai tenaga penggerak pompa torak antara lain dapat digunakan:

  1. Motor bakar
  2. Motor listrik
  3. uap/steam
  4. dari sumber tenaga penggerak pompa tersebut dihubungkan dengan transmisi lengan (gardan) atau menggunakan tali (belt)

 Rotary Pumps

Rotary pumps disebut dengan pompa roda gigi (gear pump), yang terdiri dari dua buah roda gigi yang rapat satu sama lain. Kedua roda gigi tersebut berputar dengan arah yang berlawanan dan terpasang di dalam casing pumps (rumah pompa) yang merupakan kantong air. Air terbawa ke kantong air dan mencegah kembalinya air ke arah isap maka kedua roda gigi dipasang rapat/dihubungkan secara rapat

Pompa Sentrifugal

  • karakteristik operasional dari pompa sentrifugal berbeda dengan pompa torak dan pompa roda gigi, tetapi dalam penyaluran/menstransfer air sama halnya dengan jenis lain.
  • pada dasarnya pompa sentrifugal terdiri dari rangkaian sudu-sudu (vane) pada poros putarnya (roating shaft)
  • Air akan masuk ke dalam sudu-sudu, dan bila berputar cepat maka air akan mengalir ke bagian luar vane
  • tenaga kecepatan ( energi kinetik) dari putaran sudu-sudu pompa dipindahkan ke air sebagai kecepatan aliran. sebagian energi kecepatan air dirubah menjadi tenaga tekanan (pressure energy)
  • efisiensi pompa sentrifugal adalah perbandingan antara energi yang dbutuhkan pada poros pompa dan energi pada ar yang dikeluarkannya
  • Efisiensi tergantung pada rancang bangun (desain) pompa, kapasitas pompa, tekanan masuk pompa, ruangan/celah dalam pompa, model permukaan casing pump dan impeller, gesekan yang terjadi pada proses pompa
  • efisiensi akan naik sebanding dengan kapaasitas aliran menuju batas kapasitas maksimum dan akan turun dengan tajam dengan bertambahnya kapasitas. contoh : tenaga air yang dialirkan/dipompakan oleh suatu pompa dengan kapasitas aliran 100 gpm pada tekanan 150ppsi adalah:4Beberapa faktor yang berpengaruh pada kapasitas aliran, tekanan adalah sbb: diameter impeller (vane), luas sudu-sudu (vane), bentuk sudut dan ukuran casing pump, jumlah sudu-sudu, kecepatan putaran pompa/rotasi per menit

Hubungan Tekanan dan Kapasitas Aliran

  • apabila suatu pompa dijalankan dengan kecepatan tetap, maka akan mempunyai karakter hubungan tekanan dan kapasitas aliran tergantung pada luas impeler, jumlah sudu-sudu (vane), sudut sudu-sudu (vane)
  • apabila aliran ditutup akan mempunyai tekanan yang maksimum
  • dengan menurunnya tekanan pada waktu aliran dibuka maka akan ada knaikan kapasitas aliran
  • dengan berbagai hal apabila kecepatan pompa tetap, tekanan berbanding terbalik dengan kapasitas aliran

Efek Kecepatan Pompa

Apabila kecepatan pompa/putaran pompa bervariasi, maka kenaikan kecepatan akan mengakibatkan kenaikan tekanan. dalam hal ini tekanan berbanding lurus dengan kecepatan putarannya.

 

Advertisements

Leave a comment

Filed under Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s