Pterigium

Definisi

Merupakan suatu pertumbuhan fibrovaskular konjungtiva yang bersifat degeneratif dan invasif. Pterigium dapat tumbuh menutupi seluruh permukaan kornea atau bola mata. Pertumbuhan ini biasanya terletak pada celah kelopak bagian nasal ataupun temporal konjungtiva yang meluas ke daerah kornea. Pterigium berbentuk segitiga dengan puncak di bagian sentral atau di daerah kornea.

 Etiologi

Tidak diketahui dengan jelas dan diduga merupakan suatu neoplasma, radang dan degenerasi. Pterigium diduga disebabkan iritasi kronis akibat debu, cahaya sinar matahari, dan udara yang panas.

Gambaran klinis

Pterigium dapat tidak memberikan keluhan atau akan memberikan keluhan mata iritatif, merah, dan mungkin menimbulkan astigmat yang akan memberikan keluhan gangguan penglihatan.

56 7

Diagnosis banding

Berupa pseudopterigium, pannus dan kista dermoid

Penatalaksanaan

Tidak diperlukan karena sering bersifat rekuren, terutama pada pasien yang masih muda. Pengobatan pterigium adalah dengan sikap konservatif yaitu lindungi mata dari sinar matahari, debu dan udara kering dengan kacamata pelindung. Bila pterigium meradang dapat diberikan steroid atau suatu tetes mata dekongestan.

Atau dilakukan pembedahan bila terjadi gangguan penglihatan akibat terjadinya astigmatisme iregular atau pterigium yang telah menutupi media penglihatan.

Leave a comment

Filed under Ilmu Penyakit Mata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s